Senin, 24 September 2012

Skoliosis.. penyakit yg tak pernah kusangka.. !!


Hari itu aku merasakan ada sesuatu yg berbeda dalam tubuhku. Entah apa yg terjadi.. perasaan ku mulai tak enak. Seakan dalam hati bertanya- tanya dan ingin mencari tau penyebab nya. Dan akhirnya.. aku tau^^.. jawabannya. Entah apa yg terjadi tiba2 tulang iga ku mulai terlihat tak simetris lagi. Seakan terlihat membekas sperti goresan d bagian perut sebelah kiri.

Seketika itu aku bingung.. aku brtnya2.. sakit apakah aku ini???
Dan saat aku menceritakan tentang keanehan pada tubuhku ini ke nyokap.. , n parahnya lagi.. beliau seakan tak memikirkan sesuatu yg buruk terjadi pda ku dan tak merasakan keanehan pda tbuh ku ini sprti apa yg ku pikirkan.

Well.. beberapa hari kemudian prbedaan posisi tulang iga ku mulai tampak terlihat. Apalagi di tambah kondisi ku saat itu sakit pula. Ehmm.. sakit maag gt deh^^.. hheee. Dan akhirnya aku pun d bawa k klinik.

Setelah aku menceritakan sakit ku itu apa (yaa.. itu td aku cerita kalo lambung ku terasa perih, hheee.. mklum nih.. tukang langganan sakit maag emg ^_^.. ), ehhmm .. trus aku tanya ttg ketidak simetrisan tulang iga ku ini. Dan akhirnya.. stelah d periksa, si dokter blg kalo mgkin ada msalah m tulang ku.. mungkin aja dsebabkan krna dulu prnah kecelakaan (upsssttt.. aku jd keinget m crita nyokap kalo dulu pas aku umur 2 tahunan prnh jatuh dr becak.. ,, hhaa.. keren jg yaaa^^ .. smpe gak keinget d benakku ttg kcelakaan itu..). kemudian si dokter nyaranin suruh ronsen aja biar tau kondisi tulangku kyak apa tp stelah  maag ku sembuh dulu..

Beberapa hari kmudian.. maag ku dah mlai sembuh. Lgsung aja tuh.. tnpa pkir panjang.. nyokap ku lgsg ngebawa aku k dokter ahli pnyakit dalam. Nahh.. stelah ku critin ttg kjanggalan pda tubuh ku ini.., trus dokternya lgsg ngeUSG aku (weiittttsss.. USG?? Konyol tuh kata tmen2ku.. kn kbnyakan orang2 yg USG itu kn ibu2 hamil gt ktanyaa.. , tp gk jg sihh kalo mnurut aku. Lah buktinya.. aku ini?? Hhaa^^). Ngeliat hasil USG yg tak mnjukkan tanda2 pnyakit.. akhirnya aku d suruh tes rongsen m itu dokter.

Nahh.. ktauan kan skrg??
Hayooo.. pnyakit aneh.. mau smbunyi kyak apalagi kau??? Hhhaaa J
Stlh aku mnjukkan hasil rongsen ku, kmudian tanpa pkir panjang lgsg itu dokter ahli pnyakit dalam lgsg nulis surat pengantar buat aku (hhaaa..Yaa iyalah.. mau but sapa lg coba?? :p ) untuk d rujuk k dokter spesialis laen.
Waduwhh.. dag dig dug hatiku.., ehh trnyata.. dokternya blg kalo ada gangguan pda tulang belakangku n katanya udah parah bgd (intinya gt lahh ..^^).

Dan akhirnya aku mngunjungi dokter ahli berikutnya.. Yaa.. sebut saja dokter ahli pnyakit tulang, hhee.
Weww.. perasaanku mulai galau lg (maklumm.. remaja.. kpn siih gak pernah galau, typ hari galau teruss. Hhee^^).
Stelah dokter melihat hasil foto rongsen ku, dokter  Cuma bisa nyarankan 2 pilihan.. pilih pke brace alias alat penyangga ato operasi cz tulangku dan mmbengkok layaknya huruf S .. nahh.. parah bgd kan?? (yaa maklum lah.. yg jelas aku baru ngrasain sakitnya skrg sihh).
Lgsung tuh .. dbikin puyeng ini kepala gara2 omangan itu dokter. Hhuhuhu L
Kata dokternya.. kalo pke brace itu Cuma skedar buat jd penyangga doankk biar tulang nya gak smakin membengkok. Da parahnya lg aku hrus pkek ukuran yg se leher trus makenya sampe umur 20 tahun (gilaaa.. yg bener aja., masa’ kuliah musti pkek gtu an?? Udah trpaksa jd robot gara2 gabisa gerak bebas trus jd bisa tolah toleh deh ngliatin kakak tingkat yg ganteng2, hhaaa.. gila J ) cz ktanya jg prtumbuhan tulang itu akan brhenti ktika sudah brumur 20 th (waahhh ..kurang 1 thun tuh, umurku kn krg msh 19 tahun).
Truss lanjut k plihat kedua.., yaa bener bdg. Lwt operasi. Weewww.. operasi?? Oh noo... bayangin msuk ruang operasi aja belom nympe’.. gmna coba kmudian byangin pas lg d operasi?? (fikiran lg kritis nii.. gara2 syookk m berita td, hhee..jd mkirnya smpe’ sgtunya) .

Sketika pula.. nyokap lgsg bernegosiasi m dokternya. hheee


Nahhh.. skrg kputusan ada d aku. Lgsung aja tuh ..nyokap nanya k aku mau milih yg mana??
Waduwhhh.. mau nyaa sih gak milih smuanya.. tp aku pgn bgd sembuh (loohh.. beneran kn ??? miss bingung nya mulai kumatt!! ) hheeee^^

Yapsss.. akhirnya aku blg m itu dokter kalo aku butuh bberapa hari bwd ngambil kputusan yg tepat..
Pdhl aslinya pas waktu itu bdan ku udah gak kuat nahan sakit. Apalagi d tambah sama rasa panas d bagian perut sbelah kiri. Itu gara2 tulang iga sbelah kiri dah turun ke bawah n nutupi limfa. So, jd nya terasa panas gt deehh kesannya.


*udah dulu yaa ^_^ segini aja dulu critanya..  Besok d lanjutin lg.
Hheee ..
Jd brhenti smpe sini aja dulu critanya..


Dan...




*BERSAMBUNGGGGGGGG.....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar